Mengenal Kedipan Lampu untuk Motor Sistem Injeksi
Sistem injeksi memerlukan perangkat yang bernama injektor, injektor inilah yang bertugas untuk menyuplai campuran udara dengan bahan bakar. Kehadiran injektor ini secara otomatis menghilangkan sistem karburator yang bisa dipakai motor-motor keluaran sebelum 2005.
Pada sepeda motor injeksi, jika terjadi kerusakan pada komponen sensor-sensornya maka terdapat lampu pemberitahuan atau Malfunction Indicator Light (MIL). Lampu tersebut umumnya berwarna kuning yang bergambar mesin atau sering disebut juga lampu Check Engine, letaknya berada di speedometer.
Yang harus anda ketahui adalah jumlah kedipan MIL dan kode kerusakan pada sensor PGM-FI, berikut CNNIndonesia.com kulas mengenai hal tersebut;
Lampu Indikator Engine FI Berkedip, Ini Dia Tabel Kerusakannya
Moladin – Tidak semua pemilik motor yang usung teknologi Fuel Injection atau injeksi, paham sama problem yang mendera. Meskipun indicator kerusakan motor tipe ini ditandai dengan kedipan lampu pada panel spidometer. Contohnya injeksi PGM-FI pada Honda, yang lampu indicator kegagalan fungsi sensor disebut dengan nama MIL (Malfuction Indicator Lamp).
Untuk kondisi normal, kedipan lampu MIL akan tampak setelah kunci kontak posisi ‘on’ selama 2 detik lalu mati (kalibrasi). Namun jika terjadi kendala maka lampu MIL akan berkedip, dimana ada dua kedipan dasar yang panjang dan pendek. Kedipan panjang (1,3 detik) diartikan puluhan (10), kedip pendek (0,3 detik) satu kali berarti 1 dan seterusnya.
Semua komponen terbaca sensor. Jika masalah, MIL akan muncul | Foto: Contributor Moladin
Nah, biar sobat Moladiners tidak gagap sama problem yang satu ini, mending baca table kedipan dan kode kerusakan di beberapa tipe motor injeksi yang ada saat ini. Tapi kalau gagal paham, langsung aja antar motor ke bengkel resmi, oke…
Tabel Lampu Indicator Engine Motor Fuel Injection
Tabel Pengecekan MIL | Foto: Contributor Moladin
Motor Honda Fuel Injection
1 Kedipan : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)
8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)
9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air Temperature)
12 Kedipan : Sensor Injektor
21 Kedipan : Sensor O2 – Oxigen sensor
29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)
54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)
[product product=”Honda Beat All New eSP” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_Beat_All_New_eSP_2080_84935_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-beat-all-new-esp-matic-4-langkah-sohc-110cc” price=”Rp. 680.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]
Motor Honda Injeksi Step 4
7 Kedipan : Engine Oil Temperature / Engine Coolant Temperature
8 Kedipan : Throttle Position Sensor
12 Kedipan : Injector
21 Kedipan : O2 Sensor
33 Kedipan : Engine Control Module (ECM)
Honda CBR 250R
1 Kedipan : MAP Sensor
7 Kedipan : ECT Sensor
8 Kedipan : Throttle Position Sensor
9 Kedipan : IAT Sensor
12 Kedipan : Injector
21 Kedipan : O2 sensor
29 Kedipan : IACV (Idle Control Valve) Sensor
54Kedipan : Bank Angle Sensor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar